Langsung ke konten utama

Istilah Media di Sekitar Kita

    
~ MEDIA DARLING

Seorang tokoh yang berpotensi menjadi pemimpin di negeri ini adakalanya mendapatkan perhatian lebih dari media. Pemberitaan yang positif tentang dirinya dengan intensitas yang di atas rata-rata menghiasi media cetak maupun elektronik memunculkan istilah media darling. Hampir semua media didominasi dengan berita-berita positif tentang dirinya dan hal demikian dapat membesarkan nama seseorang di mata publik.

            Media darling seringkali diartikan sebagai kesayangan media yang saat ini benar-benar terjadi dalam dunia perpolitikan di negeri ini. Misalnya saja seperti fenomena Jokowi yang dapat dikatakan sebagai kekasih media (media darling). Selain menghiasi media cetak dan elektronik, berita yang bermuatan citra positif tentang dirinya tersebut juga masih didukung oleh pembicaraan di media sosial.


Menurut Prof DR Muhadjir Darwin (Guru Besar Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gadjahmada), Jokowi memang cukup berprestasi, tetapi kebaikan gaya kepemimpinan Jokowi dalam menata Surakarta dalam satu setengah periode itu tentu belum bisa diklaim lebih unggul dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau dengan Herry Zudianto yang dua periode penuh menata Yogyakarta.

Tetapi kenapa mayoritas rakyat Indonesia menganggap Jokowi satu-satunya pejabat yang hebat?. Menurut guru besar yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM ini menambahkan bahwa ada satu walikota lagi yang kebijakan publiknya sama hebatnya dengan Jokowi yaitu Jarot (Walikota Blitar), mereka sama-sama dari PDIP. Ini masalahnya bukan hebat dan kalah hebat, tetapi masalah media darling. Pemberitaan Jokowi melampaui pejabat-pejabat lokal yang lain, jika kehebatan pejabat-pejabat yang lain hanya dikenal di tingkat lokal tetapi kehebatan Jokowi telah dikenal di seluruh nasional karena telah disebarkan oleh media nasional. Mereka itu, yang hebat-hebat itu kurang mampu menggunakan media atau memang tidak mau menggunakan media guna pencitraan dirinya. Jokowi mampu menyihir media sehingga media-media itu menjadi media darling bagi dirinya. Ini yang terus akan mengangkat Jokowi jika tidak melakukan kesalahan yang fatal. Media darling ini akan selalu sukarela mengkampanyekan citra Jokowi.

Referensi :
Suara Muhammadiyah 20 / 98 | 16 - 31 Oktober 2013 hlm 28-29

~  MEDIA PARTNER

Media partner yaitu bentuk kolaborasi atau kerjasama dari suatu perusahaan dengan media berdasarkan dengan benefit yang menguntungkan kedua belah pihak. Peran media partner bagi perusahaan yaitu membantu menyebarkan suatu informasi ataupun brand perusahaan, baik dalam bentuk iklan advertorial, atau bentuk lainnya sesuai dengan kesepakatan.

MEDIA SPONSOR

Media sponsor merupakan bentuk partnership antara sebuah perusahaan dengan media yang lebih menitikberatkan pada dukungan finansial. Jika terjadi kesuksesan dalam media sponsor maka ada peluang media tersebut akan menjadi partner perusahaan kedepannya.

 Kesimpulan

Baik media partner ataupun media sponsor, kedua kegiatan tersebut sama-sama bentuk kolaborasi antara perusahaan dengan media dengan adanya dukungan baik dari segi finansial maupun hal lainnya. Tetapi yang membedakan di antara keduanya yaitu media sponsor lebih bersifat relationship ke luar (out) yang lebih mengarahkan pada pembentukkan citra perusahaan kepada publik atau orang-orang di luar perusahaan. Sementara media partner relationship nya lebih bersifat ke dalam (in) sehingga memperkuat relasi internal stakeholder perusahaan.

Jika dikembalikan lagi pada kegiatan media relations, maka definisi media partner maupun media sponsor masih berada di ranah relationship.  Hal tersebut tergantung pada sudut pandang dan cara pendekatan terhadap relationship antara media partner ataupun media sponsor.

Sebagai contoh, sebuah event US Open (turnamen tenis) menyebut The New York Time sebagai media sponsor bukan sebagai media partner. Sementara di event Braders’ Cup menyebut NBC TV dan kentucky.com sebagai media partner bukan media sponsor.

Hal tersebut menurut saya tergantung pada perusahaan menyebutkan media partner ataukah media sponsor dilihat dari kebijakan dan bentuk kesepakatn di antara kedua belah pihak. Perbedaan istilah antara media partner dan media sponsor ini juga ternyata menjadi bahasan yang unik dibicarakan sebab tipisnya perbedaan di antara keduanya.

Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salak Pondoh Primadona Desa

Salak Pondoh Asli Turi Sleman Semilir angin dan aroma hutan sepanjang jalan menuju Turi menenangkan bagi yang jenuh dengan padat dan semrawutnya lalu lintas pusat kota Jogja dan aroma knalpot yang mencekik. Di sini, sepanjang memasuki Desa Wisata Agro yang terletak di kecamatan Turi kabupaten Sleman, Yogyakarta, pemandangan dari kanan dan kiri jalan layaknya disambut gerombolan pepohonan salak yang lebat melambai-lambai seakan menyambut kedatangan wisatawan. Namanya saja wisata agro, di sini yang dapat ditemukan lebih banyak pepohonan salak yang menjadi primadona warga sekitar yang terkenal hingga pelosok Asia. Benarkah? Tunggu ulasannya. Kebun-kebun salak diselingi pepohonan tinggi yang tak teratur memenuhi lahan di desa ini, entah berapa luas desa ini. Saya menyaksikan ada beberapa gapura desa yang saya lewati dan pada akhirnya sampai pada salah satu kebun salak yang kami singgahi. Alami, sangat alami fisik desa wisata ini, terlihat belum ada sentuhan dari inve

Sukses Usia Muda, Ini Kuncinya!

Resensi Buku Young On Top New Edition Judul     : Young On Top New Edition 35 Kunci Sukses di Usia Muda Penulis  : Billy Boen Cetakan ketujuh, September 2013 Penerbit : B-FIRST Yogyakarta Young on top new edition adalah sebuah buku yang memaparkan sebanyak 35 (tiga puluh lima) karakter yang menjadi kunci sukses di usia muda, diantaranya : Do what you love and love what you do. Kita akan berusaha optimal ketika sudah mencintai hal yang dilakukan dan passion akan hadir di dalam diri.Dalam kesuksesan pasti terdapat suatu pemegang sedikitnya membuat kita menyukai pekerjaan itu. Banyak orang yang berpikir rasional akan menyerah ketika menghadapi rintangan; seringkali passion-lah yang membuat kita tetap berusaha. Be Grateful. Menjadi pribadi yang bersyukur Healthy Life. Mengejar kesuksesan dalam berkarir itu penting. Tapi hidup sehat lebih penting. Terapkan gaya hidup sehat.  Integrity.Dalam melakukan segala tindakan dalam mencapai keinginan baik diperlukan integritas, artinya kita

Kisah Kita yang Takkan Pernah Pupus Seperti Pohon Pinus

Makna kebersamaan yang tak pernah pupus, kokoh berdiri tegak dan lurus layaknya pohon pinus :) Wow! Pohon pinus. Aduuh gimana nih kalo tiba-tiba melankolis terus kesannya malah romantis? -_- hehe.. Tapi juga nggak begitu amat. Oke itu cukup jadi intro :p Ini merupakan perjalanan kita selepas dari Bumi Langit. Ini lah hutan pinus yang terletak di perbatasan Dlinggo, Bantul-Imogiri. Asri, sejuk dan aroma pinus ini menyusuri serambi dan bilik hati (kayak darah di jantung aja!). hehehe...